Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H di SMP N 2 Sumowono

SUMOWONO – Isra Mi’raj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Allah SWT ke Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh dalam kurun waktu satumalam. Perjalanan ini merupakan peristiwa yang sangat berharga bagi umat Islam karena melalui peristiwa inilah umat Islam diwajibkan melaksanakan sholat lima waktu. Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk memeringati, mengenang, dan mengagungkan peristiwa Isra Mi’raj yang sangat bersejarah sepanjang peradaban kehidupan manusia ini.

Dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 27 Rajab 1442 H / 11 Maret 2021, SMP N 2 Sumowono menyelenggarakan kegiatan pengajian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat masih mewabahnya virus Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.00 WIB bertempat di lapangan SMP N 2 Sumowono. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas VII, VIII, IX, guru dan staf karyawan SMP N 2 Sumowono.

Dalam sambutannya, Kepala SMP N 2 Sumowono, Bapak Hargito, S.Pd., M.Pd., menyampaikan pentingnya memeringat dan mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa religi penting yang bersejarah seperti Isra Mi’raj agar kita semua senantiasa diberi keberkahan dan keselamatan dalam menjalani kehidupan.

Pengajian kali ini diisi tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Drs. Kusriyanto. Dalam tausiyahnya, Bapak Drs. Kusriyanto menyampaikan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW atau yang kita kenal dengan peristiwa Isra Mi’raj dan hikmah yang bisa kita ambil dari peristiwa tersebut. Beliau juga berpesan kepada seluruh siswa agar jangan sampai merugi dalam memanfaatkan waktu. Kita harus bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah terutama sholat dengan sebaik mungkin. Usahakan tepat waktu dan khusyuk dalam menjalankan sholat lima waktu. Pengajian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs. Kusriyanto.

Siswa kelas VII, VIII, dan IX di sekolah filial Kebonagung juga melaksanakan kegiatan pengajian yang diisi oleh Bapak Ahmad Jamhari, S.Pd.I dan didampingi oleh beberapa bapak ibu guru. Sedangkan, siswa yang beragama Buddha, Kristen, Katholik, dan Kepercayaan juga melaksanakan kegiatan religi di tempat terpisah. Kegiatan agama Kristen dan Katholik dilaksanakan di ruang kelas IXA yang dipimpin oleh Bapak F. Supriyatno, S.Pd., sedangkan kegiatan agama Buddha dan Kepercayaan dilaksanakan di vihara yang dipimpin oleh Bapak Jimo, S.Ag.

Bagikan :