Try Out USBN 2020/2021 SMP N 2 Sumowono dengan Sistem CBT

SUMOWONO – Seperti halnya dengan tahun pelajaran sebelumnya, tahun pelajaran 2020/2021 try out atau uji coba Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di SMP Negeri 2 Sumowono dilaksanakan dengan sistem CBT Test Localhost dengan menggunakan android.

Untuk mendukung kegiatan try out ini, setiap peserta didik wajib membawa HP android.
Beberapa hari sebelum pelaksanaan, panitia sudah melakukan persiapan terutama dengan melakukan uji coba untuk mengukur kekuatan server.

Setiap ruang kelas dipasang acces point dengan kode yang berbeda-beda. Tujuannya agar jaringan bisa lancar dan nantinya pelaksanaan try out bisa berlangsung tanpa kendala.

Alhamdulillah, hari pertama berjalan dengan lancar. Selain karena infrastruktur yang sudah dipersiapkan dari awal, kegiatan tes dengan berbasis android bukan merupakan hal yang baru bagi peserta didik kami. Mereka pada umumnya sudah tahu apa yang harus dilakukan ketika ada kendala pada androidnya.

Sekolah kami, meskipun jauh dari aroma kota, pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan tes, sudah menjadi hal biasa. Bahkan bisa dikatakan menjadi pionir untuk sekolah menengah di tingkat subrayon atau kelompok 03.

Tes dengan android, baik dengan sistem CBT maupun aplikasi google form sudah berjalan beberapa tahun, jauh sebelum pandemik melanda negeri tercinta. Sehingga ketika pandemik muncul kemudian pembelajaran dilaksanakan secara daring atau jarak jauh (PJJ), sepertinya sudah menjadi hal biasa, bukan merupakan hal yang baru. Tidak ada keterkejutan bagi kami.

Secara infrastruktur memang sudah tertangani semua. Akan tetapi, ada satu hal paling urgen dan menjadi masalah dalam try out kali ini, yaitu kaitannya dengan bahan atau materi try out.

BDR atau PJJ yang dilaksanakan setahun lebih ini membawa satu kendala yang sangat pelik. Meskipun ada kurikulum dalam kondisi khusus, penyampaian materi kepada peserta didik tetap belum cukup atau bisa dikatakan jauh dari maksimal.

Logika yang bisa kita ambil, adanya try out USBN, seharusnya semua konten materi yang dijatahkan tersampaikan, materi bisa selesai. Ada waktu untuk mengulang materi yang pernah dipelajari pada kelas sebelumnya (kelas 7, dan 8). Akan tetapi, karena keterbatasan waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan, semuanya tidak bisa terjadi dan terlaksana.
Sehingga untuk mengerjakan soal dalam pelaksanaan try out kali ini tentu peserta didik mengalami kendala. Selain belum semua materi tersampaikan, guru secara khusus juga belum memberi rambu-rambu tentang materi yang harus dipelajari

Harapannya meski secara khusus materi USBN belum seluruhnya diulang dan diungkap lagi, mudah-mudahan ada ilmu yang masih tersimpan di benak para peserta didik. Peserta didik bisa menggali pengetahuan dan mengolah otak untuk memunculkan logika dalam menjawab soal. Semoga.  (Dra. Sri Ambarawati РGuru Bahasa Indonesia SMP N 2 Sumowono)

 

Bagikan :