PELANTIKAN DEWAN KERJA PENGGALANG (DKP) “BHARATA SAKTI” SMP NEGERI 2 SUMOWONO

Pelantikan Dewan Kerja Penggalang (DKP) dilaksanakan di Gua Jepang (Mawar) pada 10-11 September 2016. Pelaksanaan kegiatan selama dua hari (Sabtu-Minggu). Kegiatan ini diikuti oleh calon DKP (kelas VIII) berjumlah 16 anak. Apel pemberangkatan mulai pukul 14.00. Persiapan pemberangkatan kurang lebih sekitar 1 jam. Pukul 15.00 mulai perjalanan naik kendaraan pick up. Selama perjalanan para calon DKP begitu antusias dan semangat dengan menyorakkan yel-yel semangat “Bharata Sakti”. Dengan lagu-lagu semangat yang mereka lantunkan, menjadikan suasana pelantikan semakin semarak.

Pukul 16.30 sampai di Mawar. Lanjut perjalanan menuju kebun teh hingga pukul 22.00. Sampai di kebun teh, para calon DKP langsung mendirikan tenda. Setelah pendirian tenda selesai, para calon DKP istirahat malam hingga subuh kemudian dilanjut ibadah salat subuh kecuali yang beragama nonmuslim. Setelah salat, para calon DKP memasak mi instan untuk sarapan. Setelah sarapan, dilanjut kegiatan apel pagi (baris-berbaris).

Pukul 07.30 mulai melanjutkan perjalanan menuju pos-pos. Pos yang paling ekstrim (ditakuti) adalah bagian di Gua Jepang karena gelapnya ruang dalam gua dan masing-masing harus membawa lilin. Namun, karena semangat yang begitu membara, maka semua calon DKP lolos melewati tahap ini. Setelah mereka lolos dari pos Gua Jepang, kemudian dilanjut menuju pos kebun teh. Di pos kebun teh, mereka diberi beberapa pertanyaan tentang kepramukaan dan kebangsaan. Setelah melalui pos kebun the, para calon DKP menuju pos terakhir yaitu di kali (para calon DKP berjalan jongkok di kali kemudia dilanjut merayap dan diakhiri dengan membersihkan diri di kali tersebut.

Setelah semua para calon DKP lolos dalam tiga pos (Gua Jepang, kebun teh, dan kali), mereka langsung membersihkan diri dan ganti seragam pramuka untuk mengikuti upacara penutupan sekaligus pelantikan. Pukul 11.30 dilaksanakan upacara penutupan sekaligus pelantikan DKP. Pukul 12.00 dimulai penyiraman bunga dan pembagian topi DKP oleh Kak Jimo selaku pembina pramuka pangkalan SMP Negeri 2 Sumowono. Berbagai rangkaian acara selesai pada pukul 12.30 kemudian sayonara. Sepanjang perjalanan pulang para DKP baru ini mennyanyikan yel-yel semangat. Tidak ada istilah mangkat strong bali doyong (berangkat kuat kembali lemah/lemas), yang ada adalah istilah mangkat strong bali tetep strong (berangkat kuat kembali tetap kuat). Semangat “Bharata Sakti”! J

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *