PERSAMI “BHARATA SAKTI” SMP NEGERI 2 SUMOWONO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

Kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (persami) yang diselenggarakan oleh Pangkalan SMP Negeri 2 Sumowono dilaksanakan di Lapangan SMP Negeri 2 Sumowono pada 13-14 Agustus 2016 berlangsung khidmat dan penuh kedisiplinan. Persami ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII, Dewan Kerja Penggalang (DKP), calon DKP, alumni, dan didampingi oleh para pembina serta guru-guru SMP Negeri 2 Sumowono. Kegiatan dimulai hari Sabtu pukul 14.00 dibuka dengan upacara pembukaan, kemudian dilanjut dengan PBB. Baris berbaris berlangsung sekitar setengah jam, kemudian dilanjut kegiatan mendirikan tenda.

Pendirian tenda dilaksanakan hingga menjelang maghrib. Setelah itu, dilaksanakan istirahat, salat, makan dilanjut arahan untuk kegiatan malam. Pukul 20.00-22.00 pentas seni yang dilaksanakan di Balai Desa Candigaron dilanjut istirahat selama 1,5 jam. Pukul 23.30 mulai jelajah medan hingga kurang lebih pukul 02.00 dini hari. Pukul 02.00 hingga menjelang subuh istirahat (tidur). Pukul 04.30-06.00 bersih-bersih diri kemudian salat Subuh berjamaah bagi yang muslim dan doa bagi yang nonmuslim. Pukul 06.00, senam pagi. Pukul 07.00 diadakan perlombaan (voli, merayap, lari kelereng) dan diakhiri dengan flying fox hingga pukul 12.00. Upacara penutupan persami dilaksanakan dari pukul 12.30 hingga pukul 13.00 dan dilanjut sayonara.

Adapun tujuan persami yang diselenggarakan pangkalan SMPN 2 Sumowono ini tidak lepas dari tujuan didirikannya pramuka di Indonesia, yaitu mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar anggota-anggotanya menjadi manusia yang berkarakter sebagai berikut.

  1. Menjadi manusia yang berkepribadi dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Menjadi manusia sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna,sanggup, dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

 

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *